Senin 09 Mar 2015 17:47 WIB

Harga Ayam di Makassar Cenderung Menurun

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Julkifli Marbun
Harga ayam.
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Harga ayam.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Kenaikan berbagai bahan pokok ternyata tidak berdampak pada harga ayam potong. Di Makassar dan sekitarnya, harga satu kilogram ayam justru mengalami penurunan Rp 7.000-8000/kg.

Ketua asosiasi peternak ayam provinsi Sulawesi Selatan Gatot mengatakan, penurunan harga satu kilogram ayam sudah dirasakan peternak sejak dua minggu terakhir. Dari harga normal Rp 18.000-19.0000/Kg, peternak kini menjual dengan harga Rp 11.000/Kg.

"Sekarang pasar sedang sepi makanya kita turunkan harga dari pada ayam yang sudah layak jual tidak kita lepas ke pasar," ujar Gatot, Senin (9/3).

Dari harga seperti ini, Gatot menuturkan tidak mendapat untung sama sekali, dia dan peternak lainnya justru mengalami kerugian karena harga jual dan pengeluaran yang digelontorkan tidak sesuai. Padahal harga pakan ternajk ayam saat ini mengalami peningkatan.

Menurut dia, penurunan harga seperti ini akan terjadi hingga dua bulan ke depan. Namun dia berharap pasar bisa kembali bergairah agar harga ayam bisa kembali normal. "Mudah-mudahan awal April bisa kembali," lanjut dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement