Selasa 10 Mar 2015 10:10 WIB

Rano Karno Ajak Pejabat Jadi Teladan Sadar Pajak

Plt Gubernur Banten Rano Karno.
Foto: Antara/Asep Fathulrahman
Plt Gubernur Banten Rano Karno.

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten Rano Karno mengajak seluruh pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten menjadi teladan sadar pajak kepada masyarakat.

"Seluruh pejabat itu kan warga negara. Apalagi kalau memang dia pejabat negara atau pejabat publik, dia harus menjadi motor penggerak kesadaran wajib pajak," katanya usai menyerahkan surat pemberitahuan (SPT) tahunan wajib pajak via online, di kantor gubernur Banten di Serang, Senin (9/3).

Dalam kesempatan tersebut, Rano dipandu Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Muhammad Haniv dan Kepala KPP Pratama Serang Afga Sidik Tasauri beserta staf memperkenalkan aplikasi e-filing pada jaringan internet atau dengan alamat website http://djponline.pajak.go.id untuk memulai penyerahan SPT tahunan wajib pajak via online.

Ia mengatakan, seluruh masyarakat harus meningkatkan kesadaran dalam membayar pajak demi keberlangsungan pembangunan bangsa. Sebab pajak menjadi tulang punggung dalam membiayai berbagai pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempatan tersebut dijelaskan, e-filing adalah suatu cara penyampaian SPT tahunan PPh secara elektronik yang dilakukan secara online dan realtime. Dengan adanya terobasan dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) tersebut, wajib pajak tak perlu mengantre di kantor pelayanan pajak dan tidak dipungut biaya alias gratis.

Kepala Kanwil Direktorat Jendral Pajak (DJP) Provinsi Banten Muhammad Hanif mengatakan, pelaporan SPT melalui e-filing adalah salah satu cara penyampaian SPT Tahunan, selain cara penyampaian langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP), drop box atau dikirim melalui jasa pengiriman dokumen tercatat.

"E-filing adalah cara pelaporan yang paling mudah, cepat, dan aman di antara cara-cara lainnya karena wajib pajak tak perlu datang ke KPP atau drop box. Semua proses pelaporan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja dengan sarana internet," kata Hanif.

sumber : antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement