Ahad 08 Mar 2015 22:24 WIB

Demokrat Harus Berkaca pada PAN

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Damanhuri Zuhri
Partai Demokrat.
Foto: Antara
Partai Demokrat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Demokrat dinilai harus berkaca pada Partai Amanat Nasional (PAN) yang baru saja mengukuhkan Zulkifli Hasan sebagai ketua umum baru.

Pengamat politik Siti Zuhro mengatakan, Kongres Demokrat April mendatang harus dimanfaatkan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk melakukan kaderisasi dengan memunculkan kader-kader muda sebagai calon ketua baru.

Menurut Siti, hal ini penting supaya tidak ada stagnansi kaderisasi di tubuh partai berlambang bintang mercy tersebut.

"Ini peluang bagi SBY, kalau mau membenahi Partai Demokrat, ya harusnya fokus pada proses kaderisasi. Kemarin PAN sudah berhasil keluar dari kecenderungan aklamasi," ucap dia pada Republika, Ahad (8/3).

Siti tak memungkiri pengaruh SBY, sebagai ketua umum yang pernah menjabat sebagai presiden selama sepuluh tahun, masih cukup kuat di internal Demokrat.

Meski demikian, ia menilai, SBY harus mulai membuka peluang bagi kader muda untuk maju. Sebab, proses kaderisasi sangat penting agar para kader siap menghadapi kontestasi dalam pemilu, baik di level daerah maupun pusat.

"Kalau partai tidak terbiasa seperti itu, pada akhirnya ketika harus berkontes dengan partai lain jadi gagap," ucap pengamat dari LIPI tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement