Ahad 08 Mar 2015 19:00 WIB

Masyarakat Makassar Patungan Bangun Kapal Pinisi

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Dwi Murdaningsih
Kapal Pinisi yang dikbuat warga untu
Foto: c07/Republika
Kapal Pinisi yang dikbuat warga untu

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Yayasan Makassar Skalia bersama pemerintah kota Makassar tengah membangun Kapal Pinisi di dekat kawasan Pantai Losari. Namun dalam membangun kapal ini, butuh dana yang tidak sedikit.

Ketua Yayasan Makassar Skalia Sapril Akhmady menuturkan, pembuatan Kapal Pinisi bukan hanya membutuhkan waktu yang cukup alot, namun juga membutuhkan dana yang besar. Untuk membangun Kapal dengan panjang 25 meter, lebar 3 meter dan tinggi 5,5 meter ini bisa mengeluarkan dana hingga 35 miliar.

"Kita harapkan banyak dana yang masuk agar pembuatan Kapal ini tidak mendapat banyak rintangan," ujar dia, Ahad (8/3).

Sapril menuturkan, sejak memulai rencana ini tahun 2014, pihaknya mampu mengumpulkan dana 30 persen dari semua pengeluaran yang dipersiapkan. Dana ini didapat setelah melakukan interaksi dengan guru untuk meminta donasi dari siswa, organisasi muapun lembaga lainnya. "Kita adakan celengan ke sekolah dan responnya sangat baik," lanjut dia.

Sementara Walikota Makassar Moh Randhan Pomantor memastikan, akan membantu pendanaan ini mulai dari merogoh kocek sendiri maupun mengajak teman-temannya untuk turut membantu pendanaan pengerjaan kapal ini.

"Ini momen yang baik, saya akan bergerilya untuk mencari dana. Pokonya kalian kerjaan yang harus dikerjaan, saya kerjaan yang saya bisa kerjakan," kata Pomanto.

Baca juga: Makassar akan miliki kapal pinisi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement