Kamis 05 Mar 2015 20:22 WIB

Ini Cara Kostrad Peringati HUT ke-54

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Ilham
Pabandya Jaslog Staf Logistik Kostrad Mayor Czi Arif mengikuti kegiatan Pembangunan Bendungan dan pintu air dalam rangka HUT Kostrad ke 54. Minggu (1/2).
Foto: Dok.PENKOSTRAD
Pabandya Jaslog Staf Logistik Kostrad Mayor Czi Arif mengikuti kegiatan Pembangunan Bendungan dan pintu air dalam rangka HUT Kostrad ke 54. Minggu (1/2).

REPUBLIKA.CO.ID, CIEMAS -- Ada cara tersendiri yang dilakukan Komando Cadangan Strategis (Kostrad) TNI AD dalam memperingati hari ulang tahun ke-54 yang jatuh pada 6 Maret mendatang. Alih-alih menggelar perayaan besar-besaran, Kostrad TNI AD lebih memilih terjun langsung ke masyarakat dan melaksanakan serangkaian kegiatan kemanusian untuk mengatasi kesulitan yang dirasakan oleh masyarakat.

Salah satu dari rangkaian kegiatan adalah melakukan karya bakti yang meliputi bidang pertanian, perumahan rakyat, dan kesehatan masyarakat. Kegiatan karya bakti itu pun sudah berlangsung sejak 19 Januari di Desa Taman Jaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Kegiatan karya bakti atau disebut serbuan teritorial tersebut berhasil melakukan normalisasi dan pipanisasi jalur irigasi pertanian sepanjang empat kilometer. Kemudian, keberhasil membedah rumah yang tidak layak huni sebanyak 30 rumah dan ada pembangunan satu mushala dan satu MCK.

Kegiatan serbuan teritorial ini bekerjasama dengan lembaga kementerian dan lembaga non kementerian serta masyarakat. Kegiatan ini diharapkan bisa membuat keberadaan TNI AD akan semakin dirasakan masyarakat. Sehingga TNI AD semakin mencintai dan dicintai rakyat.

''Semoga hasil karya yang telah dibuat bersama ini dapat di rawat dan dipelihara serta digunakan untuk kepentingan meningkatkan kesejahteraan masyarakat banyak,'' tutur Pangkostrad, Letjen TNI Mulyono seperti siaran pers yang diterima Republika.

Rencananya, rangkaian kegiatan peringatan HUT Kostrad ke-54 akan dilanjutkan dengan peringatan dan syukuran di Desa Taman Jaya. Selain diwarnai upacara dan syukuran, acara itu juga akan ditandai dengan pembukaan pintu irigasi oleh Pangkostrad. Ini menjadi simbol kembali aktifnya saluran irigasi untuk pertanian dan perkebunan masyarakat setempat.

Selain itu, ada penerjunan free fall yang dilakukan 30 penerjun Kostrad. Peringatan HUT ke-54 Kostrad TNI AD itu rencananya akan dihadiri Menteri Pertanian dan Kepala Staff Angkatan Darat (KSAD), dan Pangdam Siliwangi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement