Kamis 05 Mar 2015 19:27 WIB

2016, Lebar Jalan di Purwakarta Jadi 12 Meter

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Dwi Murdaningsih
Pekerja menyelesaikan pembuatan pelebaran taman separator di Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat, Jum'at (31/10).  (Antara/Indrianto Eko Suwarso)
Pekerja menyelesaikan pembuatan pelebaran taman separator di Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat, Jum'at (31/10). (Antara/Indrianto Eko Suwarso)

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Perbaikan infrastruktur jalan, masih jadi priorotas pembangunan di Kabupaten Purwakarta, Jabar. Bahkan, 2016 mendatang, seluruh jalan kabupaten harus sudah hotmix dan beton. Serta, lebar jalannya ditingkatkan dari enam meter jadi 12 meter. 

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, mengatakan, pemkab masih mengoptimaslisikan APBD untuk pelayanan publik. Salah satunya, untuk pembangunan insfrastruktur. Kedepan, jalan yang berstatus milik kabupaten harus ditingkatkan. Tidak lagi enam meter melainkan jadi 12 meter. 

"Lebar 12 meter dan sudah hotmix serta beton, akan jadi standarisasi jalan di kabupaten ini," ujar Dedi, Kamis (5/3).

Menurut Dedi, laju pertumbuhan penduduk di wilayah kerjanya mulai meningkat. Sudah barang tentu, kondisi ini juga harus dibarengi dengan peningkatan infrasturkur yang memadai. Makanya, pemkab berencana mengubah struktur jalan supaya lebih memadai.

Dengan peningkatan jalan ini, diharapkan akses untuk mobilitas masyarakat semakin maksimal. Karena itu, rencana tersebut telah tertuang dalam musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) 2016.

Dedi menyebutkan, total panjang jalan kabupaten di wilayah ini mencapai 721 kilometer. Hingga kini, jalan tersebut masih memiliki lebar sekitar enam meter. Kedepan, pemkab akan menambah lebarnya jadi 12 meter. 

Terkait wacana pelebaran jalan ini Dedi memiliki alasan. Menurutnya, jika pembangunan insfrastrukturnya tidak berkembang dengan cepat, maka tak sebanding dengan pertumbuhan ekonomi. Karena, pertumbuhan ekonomi saat ini semakin cepat. Dengan begitu, perlu ditunjang oleh infrastuktur yang memadai.

Akan tetapi, sebelum ke rencana peningkatan jalan di 2016 mendatang, lanjut Dedi, pihaknya masih membutuhkan anggaran Rp 150 miliar untuk menuntaskan pembangunan jalan. Setelah semuanya terbangun, baru ke tahapan peningkatan jalan. Yakni, jalan berhotmix dan beton serta lebarnya jadi 12 meter.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement