Sabtu 28 Feb 2015 22:17 WIB

Masuki Pancaroba, Indonesia Terancam Diserang Puting Beliung

Angin Puting Beliung dan hujan deras menerpa Bandung Timur, Kamis (19/12) Sore.
Foto: Istimewa
Angin Puting Beliung dan hujan deras menerpa Bandung Timur, Kamis (19/12) Sore.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG --  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Tengah mengimbau masyarakat yang tinggal di kawasan dataran tinggi mewaspadai terjadinya angin puting beliung memasuki pancaroba.

"Saat ini Indonesia sudah memasuki pancaroba," kata prakirawan BMKG Jawa Tengah Septima di Semarang, Sabtu (28/2).

Menurut Septima, terjadi pergerakan angin dari Benua Australia ke Asia. Kondisi itu, lanjut dia, ditambah dengan terbentuknya awan Cumulunimbus yang memicu terjadinya angin kencang.

Awan CB, kata dia, berpotensi muncul pada siang hingga malam hari. Adapun beberapa daerah yang berpotensi dilanda angin kencang antara lain kawasan dataran tinggi seperti Dataran tinggi Dieng, Gunung Slamet, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, serta daerah Semarang khususnya di wilayah Ungaran dan Gunung Pati.

Ia menuturkan pada musim pancaroba ini masih berpeluang turun hujan di beberapa wilayah. Kecepatan angin dalam beberapa hari ini, kata dia, diperkirakan mencapai 25 kilometer per jam. "Masyarakat diimbau mewaspadai angin kencang yang berpotensi menyebabkan pohon tumbang," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement