Sabtu 28 Feb 2015 07:07 WIB

Pemerintah Siapkan Dua Juta Hektare Lahan untuk Ketahanan Pangan

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Ani Nursalikah
Perkebunan sawit di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat
Foto: Muhammad Fakhruddin Republika
Perkebunan sawit di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah sedang menyiapkan dua juta hektare lahan untuk program ketahanan pangan. Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan lahan tersebut tersebar di Kalimantan dan Sulawesi.

Dia menjelaskan, 500 ribu hektare lahan disiapkan untuk 10 pabrik gula yang berkapasitas 10-12 ribu TCD. Pabrik gula ini akan berada di Sulawesi.

"Sulawesi untuk pabrik gula karena disana agroclimate-nya cocok untuk gula," kata dia usai rapat terbatas di Kantor Presiden, Jumat (27/2).

Sedangkan 500 ribu hektare lagi untuk membangun food estate di Kalimantan. Sebanyak satu juta hektare lainnya untuk membangun pabrik perkebunan kelapa sawit di perbatasan Malaysia dengan Indonesia di Kalimantan Utara dan Kalimantan Tengah.

Amran melanjutkan, dana yang dibutuhkan untuk membangun sepuluh pabrik gula cukup besar, yakni sekitar Rp 50 triliun. Menurut dia, pembangunan pabrik gula ini akan didanai oleh BUMN bekerja sama dengan swasta. Pemerintah menargetkan 10 pabrik gula tersebut dapat beroperasi mulai 2020.

Sementara untuk kelapa sawit, Amran menyebut sudah ada investor yang menyatakan siap menanamkan investasinya. "Kita mengutamakan investor dalam negeri," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement