REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Manajer Umum PT Pelindo IV Makassar Riman S Duyo mengatakan sudah melakukan pembenahan fasilitas penumpang. Pembenahan tersebut dilakukan untuk memberi layanan prima pada wisatawan mancanegara dan lokal.
"Pembenahan fasilitas penumpang itu untuk domestik dan asing, misalnya persiapan garbarata, sehingga penumpang dari kapal bisa langsung ke terminal. Begitu pula sebaliknya," kata Riman di sela-sela penyambutan Kapal Pesiar Rotterdam di Pelabuhan Makassar, Kamis (26/2).
Dia mengatakan, pembenahan fasilitas untuk penumpang tersebut bertujuan agar penumpang mendapatkan suasana nyaman dan aman di kawasan pelabuhan. Hal tersebut sama seperti ketika wisatawan itu berada di lounge atau berbelanja di mal.
Selain itu, pembenahan fasilitas pelabuhan bertujuan menghilangkan kesan kotor dengan mengupayakan selalu tercipta kebersihan di dalam dan luar lingkungan pelabuhan.
Mengenai kesiapan Pelindo menghadapi penumpang asing, Riman mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan pihak terkait di antaranya pihak imigrasi, kesyahbandaran, otoritas pelabuhan, pengamanan dan dinas pariwisata.
"Kami melakukan rapat bersama, kemudian membicarakan apa saja yang perlu disiapkan dan selanjutnya melaksanakan tugas sesuai fungsi masing-masing," katanya.