Rabu 25 Feb 2015 16:16 WIB

Peserta Kongres KNPI Berharap Kedatangan JK

Ketua umum DPP KNPI, Taufan EN Rotorasiko berfoto bersama Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.
Foto: knpi
Ketua umum DPP KNPI, Taufan EN Rotorasiko berfoto bersama Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Sekitar 850 pemuda KNPI dari seluruh wilayah Indonesia yang sedang mengadakan kongres di Jayapura dan masyarakat Papua sangat mengharapkan kehadiran Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) ke Bumi Cenderawasih. Mereka menilai kehadiran JK akan memberikan semangat kebangkitan Papua untuk Indonesia.

Ketua OC Lokal Yunus Wenda, yang juga ketua DPRD Papua, mengatakan, masyarakat Papua saat ini sedang bergembira karena menyambut  kongres KNPI ke-14 yang diselenggarakan di Jayapura, Papua, 24-28 Februari 2015. Akan tetapi, tutur dia, kebahagiaan tersebut akan lebih lengkap jika JK datang ke Papua kemudian memberikan ceramah kepada para pemuda KNPI yang sedang melakukan kongres di Jayapura.

“Masyarakat Papua kini sedang sangat bergembira, bersemangat, dan percaya diri. Kegembiraan tersebut akan semakin lengkap jika Wapres Jusuf Kalla datang ke Papua besok,” kata Yunus Wenda.

Yunus mengatakan, masyarakat Papua sudah merasa mendapatkan banyak berkah setelah KNPI memutuskan kota Jayapura sebagai tempat penyelenggaraan kongres. Saat pidato pembukaan, Menteri Pemuda  dan Olahraga Imam Nahrawi Selasa malam (24/2) mengatakan telah menantangani surat keputusan menetapkan Papua sebagai tuan rumah penyelenggaraan PON (Pekan Olaharaga Nasional) di tahun 2020.

“Ini kepercayaan yang luar biasa kepada Papua menjadi tuan rumah pertemuan atau event tingkat nasional di propinsi yang menjadi pintu depan negara Indonesia karena matahari terbit dan aktivitas masyarakat Papua lebih awal dibandingkan dengan propinsi lain,” kata Yunus menambahkan.

Sementara itu, Ketua DPP KNPI Taufan EN Rotorasiko mengatakan, saat pertemuan dan silaturahim dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ahad (22/2) di Jakarta, yang bersangkutan memang mengatakan akan mengupayakan hadir dalam kongres KNPI ke-XIV di Papua.

“Wakil Presiden Jusuf Kalla akan berbicara di hadapan ratusan peserta kongres KNPI di Jayapura tentang pentingnya kemandiran pemuda dalam berbagai hal guna menopang kiprah dan peran pemuda yang optimal di segala lini,” kata Taufan.

Apalagi, kata dia, Jusuf Kalla adalah tokoh nasional yang patut dicontoh karena kemandiriannya di bidang usaha dan bisnis yang akhirnya mengantarkannya menjadi tokoh nasional yang pernah menjabat wakil presiden RI dua kali serta ketua umum Partai Golkar yang amanah.

Ketua Majelis Pimpinan Wilayah (MPC) Pemuda Pancasila, Dian Rahadian, yang juga ketua SC Kongres KNPI ke XIV mengatakan, sangat berharap Wakil Presiden Jusuf Kalla dapat hadiri kongres KNPI di Jayapura . “Apalagi sejak Jusuf Kalla dilantik sebagai Wakil Presiden belum pernah ada pertemuan dan dialog antara pemuda dengan Wapres. Kami pemuda KNPI perlu melakukan dialog dengan Wapres dan pertemuan di Kongres sangatlah tepat karena semua pengurus KNPI di seluruh provinsi kita telah hadir di Jayapura,” tambah Dian.

Apalagi, menurut dia, Jusuf Kalla banyak didukung oleh masyarakat Papua dalam pemilihan presiden 9 Juli 2014 lalu. "Wapres Jusuf Kalla perlu berterima kasih kepada masyarakat Papua sekaligus menghadiri Kongres KNPI," kata Dian mengakhiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement