Rabu 25 Feb 2015 13:18 WIB

Kenapa Orang Jadi Pelaku Begal Motor?

Rep: c15/ Red: Angga Indrawan
Begal Motor (ilustrasi)
Foto: Foto : Mardiah
Begal Motor (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kriminolog Universitas Indonesia, Yogo Tri Hendarto mengatakan ada beberapa faktor yang memengaruhi orang menjadi pelaku begal. Selain itu, saat ini sudah terjadi pergeseran motif pelaku pencurian motor.

"Faktor ekonomi jelas menjadi alasan mendasar mengapa ada prilaku begal, selain itu motor adalah benda yang mudah untuk dijual, dan memiliki putaran yang cepat," ujar Yogo saat dihubungi Republika, Rabu (25/2).

Yogo menambahkan, saat ini memang sedang terjadi pergeseran motif. Dari mencuri dengan cara konvensional beralih ke cara begal. Begal disebut Yogo memiliki perencanaan yang lebih matang ketimbang pencurian dengan cara konvensional. Melalui cara begal, pelaku mempunyai kuasa lebih dari korban, dengan mengancam, atau bahkan menghabisi nyawa si korban.

"Tindakan begal juga untuk menghapus jejak, cara yang cepat dan terencana," tambah Dosen Jurusan Krimonologi UI ini.

Yogo menyebut, para pelaku begal melakukan hal tersebut bahkan secara kesadaran penuh dan memakai rasionalisasi yang jelas dalam melancarkan aksinya. Himpitan ekonomi, cara yang instan, dan dapat menghapus jejak menjadi akumulasi faktor pergeseran motif pencurian motor saat ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement