Rabu 25 Feb 2015 10:24 WIB

Mengintip Keteladanan Inggit Garnasih Lewat Pameran Foto

Seorang pengunjung mengamati foto-foto Ibu Inggit Garnasih, di rumah bersejarah Inggit Garnasih, Kota Bandung, Selasa (17/2).
Foto: Republika/Edi Yusuf
Seorang pengunjung mengamati foto-foto Ibu Inggit Garnasih, di rumah bersejarah Inggit Garnasih, Kota Bandung, Selasa (17/2).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sebanyak 68 Foto dokumentasi almarhumah Inggit Garnasih dipamerkan di Gedung Indonesia Menggugat (GIM) Kota Bandung, 24 Februari sampai 28 Februari 2015.

"Pameran ini merupakan rangkaian dari deklarasi Bulan Cinta Inggit Garnasih, sebuah proses mengingat jasa Bu Inggit dan pertama kali diperingati seperti ini," Kata Gatot Gunawan, Ketua Pelaksana Pameran Cinta Inggit Garnasih, Selasa (24/2).

Ia menyebutkan, kegiatan yang merupakan rangkaian Bulan Cinta Inggit Garnasih itu mengumpulkan lebih dari 100 foto, tetapi melalui proses pemilihan dan kondisi fotonya, akhirnya hanya terpilih 68 foto yang dipamerkan.

"Beberapa foto ada yang pernah dipublikasikan dan disimpan di rumah bersejarah di Jalan Inggit Garnasih (Ciateul Bandung), selebihnya merupakan dokumentasi keluarga dan orang terdekat," katanya.

Gatot juga mengatakan, proses pengumpulan foto tersebut dilakukan selama sebulan dengan bantuan dari beberapa komunitas yang tergabung saat Deklarasi Bulan Cinta Inggit Garnasih.

"Bila Komunitas yang membantu semakin banyak, tentunya kesadaran akan sejarah juga akan bertambah, agar sosok yang berjasa lainnya bisa dikenal oleh masyarakat," katanya.

Belum pernah, lanjutnya, ada peringatan atau mengenalkan kembali sosok Inggit Garnasih yang merupakan istri dari Presiden RI pertama Soekarno. "Setelah berkumpul dengan komunitas, akhirnya sepakat mengangkat sisi keteladanannya agar diketahui masyarakat dan generasi muda saat ini," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement