Selasa 24 Feb 2015 15:12 WIB

Bulog DIY Siap Serap Beras Petani

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Didi Purwadi
Panen padi. Ilustrasi
Foto: .
Panen padi. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Sampai saat ini Bulog DIY belum bisa menyerap beras petani karena harga beras di pasar masih tinggi.  Sementara, harga HPP (Harga Pembelian Pemerintah) masih Rp 6.600 per kilogram.

Hal itu dikemukakan Kepala Divisi Regional Bulog DIY, Langgeng Wisnu Adinugroho, pada Republika.co.id. Padahal, Kementerian Keuangan sudah merilis bahwa HPP naik menjadi sekitar Rp 7.400 per kilogram. Tetapi, sampai sekarang belum terbit surat dari  Menteri Perdagangan tentang kenaikan HPP.

‘’Kalau sudah terbit surat tentang naiknya HPP beras, Bulog akan beli beras petani pada minggu ketiga Maret 2015 karena diprediksi minggu kedua Maret di DIY panen raya beras. Masyarakat masih ada yang menyimpan beras untuk dijual ke Bulog kalau HPP sudah naik,'' katanya.

Menurut Langgeng, Bulog bisa bersaing dengan pedagang karena Bulog langsung membayar tunai dan tidak pakai tempo. Di samping itu, Bulog bisa menyerap beras petani sebanyak-bayaknya asal beras yang dijual petani syaratnya terpenuhi.    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement