Senin 23 Feb 2015 18:40 WIB

Musim Hujan Turun, Harga Beras Naik

Rep: C75/ Red: Didi Purwadi
Beras (ilustrasi)
Foto: Republika/ Wihdan
Beras (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Harga beras super di Pasar Bertais, Kota Mataram, naik mencapai Rp 10.000/kg dari harga awal sebesar Rp 8.600/kg. Kenaikan tersebut disebabkan suplai beras ke pedagang tersendat akibat cuaca yang memasuki musim penghujan.

''Kenaikan harga disebabkan suplainya yang tersendat akibat cuaca, dari memproduksi gabah menjadi beras yang lambat," ujar Pedagang beras Pasar Bertais, Nanang Budiarto, kepada Republika.co.id, Senin (23/2).

Jika kondisi cuaca kembali panas dalam kurun waktu satu pekan kedepan, maka harga kemungkinan akan kembali normal. "Harga begini gak tahan lama, saat musim hujan drastis turun," ungkapnya.

Ia menuturkan tiga minggu terakhir harga beras sekitar Rp 8.600. Kemudian melonjak di harga Rp 9.000 dan turun kembali Rp 8.600. Setelah itu, harga naik kembali di harga Rp 9.000 dan bertahan di Rp 10.000

Nanang memperkirakan pada pertengahan Maret, harga beras akan anjlok dikarenakan musim panen yang besar. "Sekarang ada panen, cuma tidak besar," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement