Senin 23 Feb 2015 13:16 WIB

Peserta Kongres KNPI Banjiri Jayapura

Ketua umum DPP KNPI, Taufan EN Rotorasiko berfoto bersama Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.
Foto: knpi
Ketua umum DPP KNPI, Taufan EN Rotorasiko berfoto bersama Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Para peserta kongres KNPI ke-14 di Jayapura, Papua, 24-28 Februari 2015, terus berdatangan dari berbagai daerah dan membanjiri hotel-hotel di Jayapura, Papua. Menurut rencana, wakil presiden Jusuf Kalla dan Menpora Imam Nahrawi akan hadir sekaligus membuka Kongres KNPI, Selasa (24/2) sore.

Ketua OC Kongres KNPI ke-14, Yunus Wenda mengatakan, 50 orang panitia kongres KNPI dari Jakarta tiba di Papua, Ahad (22/2). Para peserta kongres KNPI juga akan terus mengalir datang pada Senin dan Selasa, 23– 24 Februari 2015.

"Senin pagi ini telah datang sekitar 270 peserta kongres KNPI dari berbagai daerah dengan menggunakan tiga pesawat Garuda dan pesawat Batik Air serta pesawat lainnya. Kemudian Selasa pagi akan datang lagi sekitar 270 peserta kongres sehingga saat pembukaan kongres pada Selasa sore, 24 Februari 2015, nanti akan dihadiri seluruh peserta kongres dari seluruh provinsi di Indonesia,” tambah Yunus Wenda, yang juga merupakan Ketua DPRD Papua dalam siaran pers yang diterima media, Senin (23/2).

Ia menjelaskan, panitia sudah menyiapkan bus-bus untuk menjemput peserta kongres KNPI di Bandara kemudian membawanya ke kota Jayapura. Panitia juga menyiapkan lima hotel bertaraf internasional untuk akomodasi peserta kongres di antaranya Swiss Belhotel, Aston Jayapura, Horison Hotel, Hotel Sahid dan Hotel Yasmin.

“Kami telah memesan 252 kamar dari lima hotel tersebut,” ungkap Yunus Wenda. “Kami akan melayani semua peserta kongres KNPI, baik itu transportasi dan akomodasinya serta jaminan keamanan. Kongres KNPI ini merupakan kongres nasional diharapkan menjadi pintu dan jembatan agar organisasi masyarakat, pengusaha, dan partai politik mulai melirik kota Jayapura sebagai tempat penyelenggaraan pertemuan tingkat nasional dan internasional,” ujarnya.

Menurut dia, Pemda, pemuda dan semua masyarakat senang dan mendukung kota Jayapura atas dipilihnya Jayapura sebagai kota penyelenggaraan kongres KNPI dengan agenda utama memilih Ketua Umum periode berikutnya. "Para pemuda Papua sudah minta sejak 20-25 tahun lalu agar kongres KNPI diadakan di Papua untuk lebih mengintegerasikan pemuda Papua ke NKRI,” tegas Yunus.

Ketua umum DPP KNPI, Taufan EN Rotorasiko menjelaskan bahwa pemilihan kongres KNPI ke-14 di Jayapura, Papua, umtuk melengkapi Sumpah Pemuda tahun 1928 di Jakarta. Selain Kongres agenda DPP KNPI dibawah kepengurusan Taufan akan mendorong sebuah akademi Kepemimpinan. Diharapkan di akademi tersebut nantinya akan mencetak para pemuda dan calon pemimpin bangsa dengan kurikulum pembelajaran strategi dan managemen kepimpinan.

"Para mahasiswa nanti tidak saja belajar dari buku buku namun juga belajar dari lingkungan dan kehidupan bagaimana persoalan persoalan yang hadir dan lahir di masyarakat berikut mencetak pemimpin yang melahirkan solusi. Dan nantinya akademi Kepemimpinan tersebut juga menerima mahasiswa dari luar negeri, supaya terjadi proses percepatan pemuda Papua mencetak pemimpin dalam skala nasional, regional dan internasional," tutur Taufan yang pada Minggu (22\2) sore di Jakarta teleh menemui Wakil Presiden RI Jusuf Kalla untuk menyampaikan undangan membuka Kongres.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement