Ahad 22 Feb 2015 17:00 WIB

Protes Abbott, dari Shylock Hingga 'Asal Bacot'

Rep: Elba Damhuri/ Red: Ilham
  Ratusan masyarakat yang tergabung dalam koalisi pro Indonesia menggelar gerakan Koin untuk Australia di Bundaran HI, Jakarta, Ahad (22/2).  (Republika/Yasin Habibi)
Ratusan masyarakat yang tergabung dalam koalisi pro Indonesia menggelar gerakan Koin untuk Australia di Bundaran HI, Jakarta, Ahad (22/2). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sydney Morning Herald (SMH) menuliskan protes warga Indonesia saat car free day (CFD), hari ini. Para pemrotes, menurut SMH, ikut membandingkan Perdana Menteri Australia Tony Abbott dengan tokoh antagonis bernama Shylock dalam cerita The Merchant of Venice karya William Shakespeare.

Shylock digambarkan sebagai sosok peminjam uang yang jahat, rentenir, serakah, penuh kebencian, hingga tidak memiliki nilai-nilai hidup. Poster yang membandingkan Abbott dengan Shylock ini muncul pada gerakan #KoinUntukAustralia yang digelar di Bundaran HI, Jakarta, Ahad (22/2).

Aksi ini, tulis SMH, sebagai buntut pernyataan Abbott yang menyinggung bantuan 1 miliar dolar AS dari negerinya untuk korban tsunami Aceh. Abbott merasa kecewa dengan sikap Pemerintah Indonesia yang tidak membatalkan hukuman mati atas dua warganya, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran yang terlibat sindikat narkoba 'Bali Nine'.

Pada aksi lainnya di tempat yang sama, SMH pun memberitakan akronim pengunjuk rasa dari nama Tony Abbott. Ada yang mempelesetkan Abbott sebagai 'asal bacot' dan Tony sebagai 'tokoh nyinyir'.

Para pengunjuk rasa ini akan membawa koin-koin yang terkumpul langsung ke kedutaan besar Australia di Jakarta. Mereka yakin dengan jumlah penduduk Indonesia mencapai 250 juta, pengumpulan koin hingga mencapai 1 miliar dolar AS bisa tercapai.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement