Sabtu 21 Feb 2015 19:07 WIB

Hati-Hati, Gelombang Tinggi Mengancam di Perairan Bali

A tourist surfing in Seminyak, Bali.
Foto: ANTARA/M Agung Rajasa/ss/Spt/13
A tourist surfing in Seminyak, Bali.

REPUBLIKA.CO.ID,DENPASAR--Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang diperkirakan mencapai dua meter di perairan utara dan selatan Pulau Bali.

"Kondisi tersebut salah satunya dipengaruhi oleh adanya tekanan rendah eks-Siklon Tropis Lam di daratan Australia bagian utara dan eks-Siklon Tropis Marcia di Queensland bagian timur serta tekanan rendah di sekitar Samudra Hindia sebelah selatan-barat daya Sumatera," ucap Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah III Denpasar, Nyoman Gede Wirajaya, Sabtu (21/2).

Ia  mengungkapkan bahwa selain peringatan dini gelombang tinggi, juga mengimbau warga mewaspadai potensi hujan yang disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat.

Peringatan dini tersebut berlaku hingga Ahad (22/2) pukul 08.00 WITA yang juga berlaku di perairan utara dan selatan Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Dia menjelaskan bahwa dengan masih aktifnya tekanan rendah di Australia sehingga menyebabkan angin bertiup dari dataran Asia yang mengandung massa udara basah menuju negeri kanguru itu menyebabkan wilayah Indonesia termasuk Bali mengalami hujan.

Selain adanya dua siklon yang sudah lewat tersebut, terkait tingginya curah hujan di Pulau Dewata juga disebabkan suhu muka laut di perairan Bali dan sekitarnya mencapai 29-30 derajat celcius yang mendukung pertumbuhan awan-awan hujan di sekitar Pulau Dewata.

"Daerah pertemuan angin terjadi di sekitar Samudera Hindia bagian selatan Bali hingga NTT, dan Laut Banda. Daerah belokan angin terjadi di Selat Karimata, Sulawesi, Kepulauan Maluku hingga Papua serta daerah pusaran angin lemah terjadi di sekitar Kalimantan juga turut berkontribusi," imbuhnya.

Sedangkan perkiraan cuaca hingga tiga hari mendatang, lanjut Wirajaya, secara umum di wilayah Pulau Dewata rata-rata masih akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang dengan kecepatan angin dari arah barat hingga barat laut mencapai delapan hingga 36 kilometer per jam.

Sementara itu, tinggi gelombang laut di utara Pulau Bali diperkirakan mencapai hingga dua meter dan selatan Pulau Dewata mencapai hingga 3,5 meter.

"Sedangkan di perairan Selat Bali dan Selat Lombok diperkirakan berkisar 0,3-2,5 meter," ujarnya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement