Sabtu 21 Feb 2015 04:41 WIB

Ratusan Personel Satpol PP Dites Urine

Rep: Andi Nurroni/ Red: Esthi Maharani
Tes Urine (ilustrasi)
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Tes Urine (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA — Sebanyak 275 personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Surabaya menjalani pemeriksaan urine, Jumat (20/2). Pengecekan air seni dilakukan untuk memastikan para aparat penegak peraturan daerah tersebut bersih dari narkoba.

Pemeriksaan dilakukan di Graha Sawung Galing, gedung Pemerintah Kota Surabaya. Kegiatan diselenggarakan dengan menggandeng Badan Diklat dan Kepegawaian (BKD) Pemkot Surabaya.

Kepala Satpol PP Kota Surabaya Irvan Widyanto menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan upaya pencegahan agar Satpol PP Kota Surabaya menjauhkan diri dari narkoba.

"Saya pikir akan lebih baik mencegah sekaligus untuk memastikan tidak ada perilaku aparat penegak Perda yang menyimpang seperti yang terjadi di daerah lain," ujar Irvan.

Tak hanya prajurit, sejumlah pimpinan Satpol PP juga ambil bagian dalam pemeriksaan urine tesebut. Termasuk di antaranya para Kasi Trantib Kecamatan. Mereka berjejer mengentre untuk menyerahkan sampel urine mereka di dalam wadah kepada para petugas BKD.

"Setelah dicek oleh BKD. Hasilnya nanti akan kita laporkan kepada ibu Wali Kota dan Bu Wali yang akan menindaklanjuti," kata Irvan.

Mantan Kabag Pemerintahan Pemkot Surabaya tersebut menjelaskan, kegiatan ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh Satpol PP Kota Surabaya. Dia menyebut, sebanyak 275 personel yang mengikuti kegiatan pada hari ini merupakan gelombang pertama.

“Ini gelombang pertama. Jadi nanti masih ada gelombang berikutnya. Ini bisa menjadi agenda rutin,” kata dia.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement