Jumat 20 Feb 2015 10:35 WIB

Jabar Butuh Rp 320 Miliar untuk Pilkada Serentak

Rep: Arie Lukhardianti/ Red: Yudha Manggala P Putra
Pemungutan suara dalam pilkada.
Foto: Republika/Raisan Al Farisi/ca
Pemungutan suara dalam pilkada.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Delapan daerah di Jawa Barat, siap menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang digelar Desember 2015. Untuk setiap daerah, diperkirakan membutuhkan dana sebesar Rp 40 miliar.

"Setiap daerah diperkirakan menghabiskan dana sekitar Rp 35 sampai Rp 40 miliar, jadi kalau kita kalikan 8 (daerah) bisa menghabiskan Rp 320 miliar," ujar Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat, kepada wartawan, Jumat (20/2).

Adapun di Jabar daerah yang menggelar Pilkada serentak yakni Kabupaten Bandung, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Karawang, Kabupaten Pangandaran, Kota Depok, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Tasikmalaya.

Menurut Yayat, anggaran tersebut berasal dari APBD masing-masing. Kalau pun ada suntikan dari pemerintah provinsi itu tidak akan besar. "Biasanya akan ada bantuan dari pemprov, tapi tidak besar karena ini dibebankan pada daerah masing-masing," katanya.

Yayat mengatakan, dari 8 daerah, hanya Cianjur yang belum siap mengalokasikan dana untuk melaksanakan pilkada serentak. Sementara yang 7 daerah sudah siap.

''Tinggal Cianjur yang belum, tapi saya yakin Cianjur juga bakal mengikuti pilkada serentak tahun ini," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement