Senin 16 Feb 2015 23:59 WIB

Akhirnya, Bunga Bangkai di Bandung Mekar

Rep: c63/ Red: Esthi Maharani
Mekar: Bunga bangkai raksasa (Amorphophallus titanium) mekar di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Kota Bandung, Senin (16/2).
Foto: Republika/Septianjar Muharam
Mekar: Bunga bangkai raksasa (Amorphophallus titanium) mekar di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Kota Bandung, Senin (16/2).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Setelah ditunggu hampir kurang lebih sebulan lamanya, bunga bangkai raksasa (Amorphophallus titanium) di Taman Hutan Raya (Tahura) Ir.H Djuanda, Bandung akhirnya mekar. Meskipun belum mekar sempurna, bunga yang tingginya saat ini mencapai dua meter tersebut sudah mulai mengeluarkan bau aroma yang tidak sedap.

"Mulai mekar kemarin sekitar setengah enam sore," ujar Kepala Balai Pengelolaan Tahura Ir.H. Djuanda Imam Santoso di kantornya, Senin (16/2).

 

Ia mengatakan diprediksi bunga akan mekar sempurna pada Selasa atau Rabu mendatang. Imam mengatakan jika mekar sempurna, diameter bunga mencapai satu meter di setiap sisinya.

Sedangkan untuk tingginya bunga bangkai jenis titanium ini maksimal tiga meter.

"Tinggi maksimal pas sempurna, tergantung jenisnya, kalau  titanium itu sekitar tiga meter, kalau jenis gigas sampai lima sampe meter," ujarnya.

Imam menuturkan Bunga Bangkai Raksasa ini mulai tumbuh sejak pertengahan Januari lalu, dalam bentuk tunas kuncup setinggi 50 centimeter.

Hanya dalam hitungan kurang dari sebulan bunga yang saat ini dipagari itu mencapai sekitar 2 meter.

"Tumbuhnya cepat sekali dari awal hanya sekitar 50 cm. Namun memasuki minggu ketiga tingginya udah 2,2 meter," ujarnya.

Di Tahura sendiri, awalnya ada empat Bunga Bangkai Raksasa yang ditanam di Tahura yakni sejak Januari 2007 yang sengaja dibawa dari Bengkulu.

Dari keempat bunga, sudah ada tiga bunga  yang mekar yakni Januari 2010, Desember 2012 dan yang mekar saat ini dengan waktu yang bervariasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement