Sabtu 14 Feb 2015 07:45 WIB

Profil Alex Komang, dari Aktor Hingga Jadi Ketua Badan Perfilman

Rep: c64/ Red: Bilal Ramadhan
Alex Komang
Foto: Antara/Rafiuddin Abdul Rahman
Alex Komang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Saat ini Indonesia kehilangan lagi sosok aktor perfilman Indonesia yang berharga dalam dunia perfilman nusantara. Ia adalah Saifin Nuha yang dikenal dengan Alex Komang. Ia meninggal dunia pada Jumat (13/2) malam di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr Karyadi, Semarang, Jawa Tengah.

Pria kelahiran 17 September 1961 ini tercatat sebagai salah satu murid Teguh Karya dari Teater Populer. Ia adalah aktor senior Indonesia yang pernah membintangi beberapa judul perfiliman. Terdiri atas Laskar Pelangi, Chika, True Love, Surat Kecil Untuk Tuhan, 9 Summers 10 Autumn dan sinetron Dendam Nyi Pelet 2 dan sebagainya.

Dari film-film yang dibintanginya itu, Alex berhasil meraih banyak penghargaan. Sebut saja, salah satunya penghargaan aktor terbaik di ajang Festival Film Indonesia 1987. Dan, dua tahun yang lalu, Ia berhasil masuk dalam salah satu nominasi aktor Pendukung Terbaik Piala Citra 2013.

Selain itu, ia pun terpilih sebagai Ketua Badan Perfilman Indonesia (BPI) periode 2014-2017 dalam Musyawarah Besar yang diselenggarakan pada 15-17 Januari 2014 di Hotel Balairung. BPI sendiri adalah badan bentukan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2009 Tentang Perfilman. Pada Mubes Pembentukan BPI ini pula nama Saifin Nuha alias Alex Komang sempat diperbincangkan.

Dalam Mubes tersebut Alex menunjukkan paspor, yang merupakan pengakuan negara, atas nama Saifin Nuha alias Alex Komang. Namun, belum sempat menyelesaikan tugasnya itu, pria yang aktif dalam perfilman sejak 1985 itu telah meninggal dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement