Jumat 13 Feb 2015 06:11 WIB

Pemprov DKI Jakarta Perlu Modifikasi Cuaca

Rep: dyah ratna meta novia/ Red: Damanhuri Zuhri
Hujan lebat
Foto: Antara
Hujan lebat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Awan gelap masih menyelimuti wilayah DKI Jakarta. Kemungkinan datangnya hujan lebat dengan intensitas dan durasi yang tinggi masih ada. Beberapa wilayah di DKI Jakarta masih digenangi air.

Pakar Meteorologi Tropis BPPT, Tri Handoko Seto mengatakan, modifikasi cuaca untuk melakukan redistribusi curah hujan di DKI Jakarta perlu dilaksanakan segera.

"Berdasarkan pemodelan cuaca yang dilakukan tim BPPT diprediksi hujan masih akan terjadi beberapa hari ke depan di wilayah DKI Jakarta," katanya, Kamis, (12/2).

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebaiknya menggunakan teknologi modifikasi cuaca untuk redistribusi curah hujan. Ini dilakukan guna mengurangi debit air yang memasuki wilayah DKI Jakarta.

Dalam kondisi permukaan yang sudah jenuh seperti sekarang ini, maka hujan yang tidak terlalu banyak juga berpotensi menimbulkan genangan.

Februari, ujar dia, masih termasuk puncak musim hujan. Maka siaga darurat masih diperlukan agar semua elemen kemampuan di kementerian dan lembaga lain bisa membantu mengurangi resiko bencana banjir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement