Kamis 12 Feb 2015 20:51 WIB

Katulampa Siaga 3, Warga Jakarta Diminta Waspadai Banjir Kiriman

Rep: C94/ Red: Bayu Hermawan
Suasana bendungan Katulampa usai hujan di Katulampa, Kota Bogor, Jabar, Senin (9/2).   (Antara/Jafkhairi)
Suasana bendungan Katulampa usai hujan di Katulampa, Kota Bogor, Jabar, Senin (9/2). (Antara/Jafkhairi)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Hujan deras yang mengguyur wilayah Puncak Bogor membuat ketinggian air di Bendung Katulampa Meluap. Ketinggian tersebut mencapai titik siaga tiga dan diperkirakan akan sampai Jakarta malam ini.

Tepantau sore tadi Ketinggian air sempat menyentuh ketinggian 110 sentimeter (cm) dengan status Siaga III. Kepala Mercu Bendung Katulampa, Andi Sudirman mengatakan peningkatan terjadi saat wilayah Puncak Bogor diguyuh hujan mengguyur selama empat jam.

"Awalnya sempat bertahan diangka 30 cm sampai pada pukul 12 siang. Namun pada pukul 14.00 mengalami hingga 60 cm atau siaga IV," katanya saat dikonfirmasi, Kamis (12/2) malam.

Ketinggian meningkat secara drastis pada pukul 14.30 WIB di angka 100 cm lantaran hujan tak kunjung berhenti.  30 menit memudian ketinggian bertambah menjadi 110 cm dengan status Siaga III.

Diperkirakan debit air yang mengalir di arus Sungai Ciliwung sore tadi mencapai 161 ribu liter perdetik. Andi menghimbau agar warga yang berada di pinggiran sungai ciliwung untuk berhati-hati. Sebab air akan sampai Jakarta malam ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement