Kamis 12 Feb 2015 07:23 WIB

BPBD Sumsel Diminta Cepat Tanggap Atasi Banjir

Banjir
Foto: VOA
Banjir

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Selatan harus cepat tanggap dalam mengatasi bencana banjir di beberapa daerah di provinsi itu pada musim hujan saat ini.

"Bencana alam yang terjadi tidak bisa diperkirakan, karena itu diharapkan kesigapan dan juga kesiapan bagi petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan instansi terkait lainnya," kata Wakil Ketua Komisi V DPRD Sumsel, Hj RA Anita Noeringhati di Palembang, Rabu.

Menurut dia, beberapa daerah di provinsi itu ada yang sudah tertimpa banjir seperti di Banyuasin, Empatlawang dan Musirawas.

Sehubungan dengan hal ini maka hendaknya BPBD berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya dalam mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan terburuk dari bencana di musim penghujan ini, katanya.

Ia mengatakan, terkait dengan bencana alam maka BPBD ke depan harus mendapat anggaran yang lebih.

Ia mengakui, dalam mengatasi bencana ini dibutuhkan anggaran besar. Selain melakukan evakuasi juga memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh korban, berupa sandang dan papan.

"Kita berdoa, semoga tidak sampai terjadi, tetapi mesti mempersiapkan diri, jangan sampai bencana itu menimpa warga, kita tidak bisa berbuat banyak akibat keterbatasan anggaran," ujar wakil rakyat tersebut.

Ia juga mengimbau, pemerintah kabupaten/kota, kiranya terus mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai bahaya banjir dan tanah longsor.

Karena, lanjutnya, peranan dari masyarakatlah yang pokok seperti terus menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan yang bisa menyebabkan aliran air tersumbat.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement