Rabu 11 Feb 2015 11:46 WIB

'Sebelum Diambil Gadingnya, Gajah Sumatra itu Ditembak di Kepala'

Gajah sumatra
Gajah sumatra

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Kepolisian Daerah Riau membekuk delapan orang pemburu gading gajah Sumatra, Selasa (10/2) malam. Para pelaku mengaku telah membantai enam ekor gajah Sumatra liar di dua provinsi berbeda.

"Sindikat ini sangat kejam, mereka menembak gajah itu di kepala sebelum diambil gadingnya. Saya menduga kuat ini bagian dari sindikat karena beroperasi di provinsi berbeda, yaitu di Riau dan Jambi," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau Kombes Pol YS Widodo, Rabu (11/2).

Sebelumnya, polisi menangkap delapan orang pembantai gajah tersebut di Pekanbaru pada Selasa (10/2) malam. Petugas menyita sepasang gading dan senjata berburu.

Widodo menjelaskan, gading yang disita dalam penangkapan diakui tersangka berasal dari gajah liar jantan yang dibunuh di Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau. Tersangka akhirnya juga mengakui bukan kali itu saja mereka membantai satwa bongsor itu untuk diambil gadingnya.

"Tersangka dalam pemeriksaan mengakui bahwa tiga hari lalu mereka baru membunuh tiga ekor gajah liar di Taman Nasional Tesso Nilo, Riau. Ada satu betina dan dua jantan yang dibunuh," ujarnya.

Pada September 2014, para pelaku juga membunuh dua ekor gajah di Provinsi Jambi dan gadingnya sudah dijual. Pengakuannya gading dijual seharga Rp 8 juta," katanya menambahkan.

Para tersangka berinisial FA (50), HA (40), R (37), MU (52), S (30), R (30), I (25), AS (50). Mereka hingga kini masih diperiksa oleh penyidik Ditreskrimsus Polda Riau.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement