Ahad 08 Feb 2015 11:16 WIB

Zulkifli Hasan Dorong PAN Bentuk Konvensi Capres Terbuka

Rep: c 75/ Red: Indah Wulandari
Ketua MPR Zulkifli Hasan (tengah) melantik anggota MPR baru, Abdul Aziz dan Ferry Kase dan Abdul Aziz di ruang Delegasi MPR, Kamis (22/1).  (Republika/Agung Supriyanto)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Ketua MPR Zulkifli Hasan (tengah) melantik anggota MPR baru, Abdul Aziz dan Ferry Kase dan Abdul Aziz di ruang Delegasi MPR, Kamis (22/1). (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID,MATARAM—Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mendorong agar Partai Amanat Nasional (PAN) menyelenggarakan konvensi terbuka dalam menjaring calon presiden di pemilihan presiden 2019 mendatang yang dimulai pada tahun 2017.

"PAN akan mempelopori seleksi (capres) melalui konvensi," ujar salah satu calon Ketua Umum PAN ini, Ahad (8/2).

Ia menuturkan, langkah tersebut dilakukan sebagai upaya menyerap aspirasi masyarakat serta mencari calon yang terbaik. Menurutnya, calon tidak perlu harus berada di partai politik. Pihaknya mengaku akan membuka kesempatan melalui konvensi berdasarkan aspirasi publik.

Terkait adanya salah satu partai yang menyelenggarakan konvensi, namun tidak berjalan dengan baik. Zulkifli mengatakan, konvensi PAN nantinya harus terbuka, transparan serta disempurnakan.

Selain itu, ia pun mengutuk keras tindakan kampanye hitam jelang Kongres PAN IV akhir Februari nanti. "Saya melarang kampanye hitam. Lebih baik adu gagasan dan pemikiran," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement