Kamis 05 Feb 2015 20:27 WIB

Padang Kembangkan Kualitas Pesantren

Sejumlah santri pesantren mengikuti pengajian
Foto: Antara/Rudi Mulya/ca
Sejumlah santri pesantren mengikuti pengajian "Kitab Kuning".

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat (Sumbar), terus mendorong pengembangan pendidikan pesantren di daerah itu. "Pengembangan tersebut telah dilakukan sejak tahun 2010," kata Wali Kota (wako) Padang, Mahyeldi Ansyarullah, saat peletakan Batu pembangunan kantor dan perpustakaan Pesantren Darul Ulum, Aia Pacah, Kecamatan Koto Tangah, Kamis (5/2).

Ia menambahkan Pemkot Padang merekrut alumni yang pernuh kuliah di Timur Tengah untuk membantu mengajar penguasaan bahasa Arab dan ilmu-ilmu lainnya. Ia menyebutkan pesantren di Padang saat ini mulai menjadi pilihan bagi orang tua untuk pendidikan anaknya.

Kecenderungan orang tua tersebut didorong oleh nilai lebih pesantren yang menyediakan pemondokan dan mengawasi pergaulan, disamping pendidikan keagamaan, ujarnya. "Pendidikan pesantren dapat lebih unggul dari sekolah umum, makanya tidak jarang orang tua memasukkan anaknya ke pesantren dulu, baru ke sekolah umum," kata dia.

Hal itu membuktikan sudah ada pergeseran pemahaman para orang tua untuk pendidikan anaknya, sebab siapapun orang tua pasti menginginkan ketenangan bagi anak-anakanya dalam pendidikan, sebutnya. Ia menambahkan di pesantren, para santri tinggal di lingkungan yang lebih terjaga dengan pergaulan yang lebih baik.

"Inilah yang menjadi harapan bagi para orang tua dalam meningkatkan kualitas pendidikan anaknya, sehingga kelak anaknya menjadi orang yang memiliki kebudayaan tinggi dan mampu bersosialisasi dengan baik di masyarakat," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement