Kamis 05 Feb 2015 14:01 WIB

Pemkot DKI Siapkan Lahan Parkir Kota Tua Seluas 1,2 Hektare

Rep: MGROL32/ Red: Winda Destiana Putri
Kawasan Kota Tua Jakarta
Kawasan Kota Tua Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah DKI Jakarta berencana menyiapkan lahan parkir untuk Kota Tua seluas 1,2 hektar. Saat ini dalam tahap awal pengerjaan. Direncanakan akan selesai dalam waktu satu bulan ini.

Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Purba Hutapea menyatakan, dalam terpilihnya Kota Tua sebagai nominasi tingkat nasional yang masuk dalam daftar sementara warisan budaya dunia UNESCO, Pemerintah Kota (Pemkot) DKI Jakarta mempersiapkan lahan parkir di jalan Cengkeh untuk para pengunjung Kota Tua.

"Kemarin sudah selesai dalam pembebasan lahannya, dan sekarang masuk tahap awal pengerjaan," ungkapnya.

Setelah pengerjaan lahan parkir ini selesai, pemkot DKI akan bekerja sama dengan agen travel untuk melayani para wisatawan dari luar kota dan mancanegara.

"Biasanya agen travel cuma mau ke tiga objek wisata, yakni Ancol, TMII, dan Sunda Kelapa, karena adanya akses tol yang dapat menghindari kemacetan," tambahnya dalam diskusi dan konferensi pers di Jakarta belum lama ini.

Selain itu, akan ada penataan arus lalu lintas. Seperti jalur Trans Jakarta yang penuh dengan pedagang kaki lima saat ini sudah ditertibkan. Purba mengungkapkan, pemkot DKI juga akan membuat suatu lokasi pedestrian. Sehingga, pejalan kaki dapat lebih aman dan nyaman.

"Namun, upaya ini harus dilakukan secara simultan dalam pembangunannya. Apakah nanti akan ada moda transportasi langsung, atau cukup dengan Trans Jakarta, dan inilah yang termasuk dalam manajemen rencana," tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement