Kamis 05 Feb 2015 01:01 WIB

Tahun ini, KPU Gelar 204 Pilkada

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Ilham
Pilkada(Ilustrasi).
Pilkada(Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) siap menggelar Pilkada serentak pada tahun ini. Ada sebanyak 204 daerah yang telah siap memilih kepala daerahnya masing-masing. 

"Untuk Pilkada ada 204 daerah yang direncancakan pada tahun 2015 ini," kata Ketua KPU, Husni Kamil usai menggelar rapat pimpinan KPU se-Indonesia yang digelar di Kantor KPU Jabar Bandung, Rabu (4/2).

Penyelenggaraan Pilkada serentak dilakukan sesuai amanat peraturan pemerintah pengganti Undang-undang Nomor 1 tahun 2014. Isinya, KPU harus menyelenggarakan Pilkada secara serentak pada 2015 ini.

Menurut Husni, mereka menggelar pertemuan untuk berkoordinasi dengan para pimpinan KPU se Indonesia. Rapat konsolidasi dilakukan di Bandung selama tiga hari. Salah satu agenda yang akan dibahas adalah soal Pilkada serentak.

"Kami sudah mengumpulkan mereka, memberikan arahan agar dilakukan persiapan-persiapan di daerah, khususnya untuk koordinasi dengan Pemda," katanya.

Husni meminta kepada pimpinan di daerah untuk tetap menjaga integritas KPU selaku penyelenggara. KPU, kata dia, tidak boleh diintervensi oleh kepentingan pemerintah setempat yang memiliki kepentingan politik jangka pendek. 

''Kami menekankan agar persiapan teknis benar-benar dipersiapkan supaya KPU didaerah tidak jadi sumber masalah atau sumber konflik," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement