Rabu 04 Feb 2015 09:18 WIB

6 Cara Menghemat Menit-Menit Penting dalam Sehari (2-Habis)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Damanhuri Zuhri
Facebook
Facebook

REPUBLIKA.CO.ID,

Sisihkan beberapa menit di akhir kegiatan menghapus email masuk Anda untuk mencentang kotak unsubscribe pada pengirim yang tidak Anda inginkan. Secara teoritis, ini akan menghemat waktu Anda di kesempatan berikutnya.

Keempat, diamkan 'PING!' BlackBerry. Apakah Anda terusik dengan suara PING! dari pesan masuk BlackBerry Anda? Ini sangat mengganggu, bahkan ketika Anda sedang mengerjakan tugas lain.

Beberapa kekuatan gelap akhirnya memaksa Anda meletakkan tugas yang sedang Anda kerjakan hanya untuk membuka pesan tadi.

Solusinya adalah nonaktifkan tombol notifikasi suara pada program BBM dan email masuk Anda. Tidak adanya PING! akan menghapus godaan untuk membuka dan menutup ponsel. Anda harus membatasi diri beberapa sesi sehari untuk mengintip ponsel demi meningkatkan efisiensi waktu bekerja.

Kelima, gunakan gantungan kunci di jari atau tangan. Ketika Anda melakukan pekerjaan yang sama puluhan kali sehari, Anda belajar bagaimana menyelesaikan tugas dengan efisiensi maksimum.

Begitulah pengalaman kurir paket yang terbiasa mengaitkan gantungan kunci mobil di kelingking mereka, sehingga mereka tak perlu meraba-raba kunci di saku celana atau baju mereka ketika kembali ke kendaraan. Ide ini tampaknya sangat kecil namun begitu efektif, kemudian menjadi kebijakan banyak perusahaan.

Cobalah teknik yang sama. Misalnya, Anda mengaitkan gantungan kunci yang bisa Anda kalungkan atau sarungkan di tangan, baik itu kunci mobil, kunci laci kantor, kunci ruangan, dan sebagainya. Anda akan terkejut menemukan berapa banyak waktu yang Anda hemat hanya untuk mencari-cari kunci.

Keenam, awasi baterai gadget Anda. Kita semua kehilangan waktu beharga hanya untuk menyadari baterai gadget sedang kosong. Kadang Anda juga lupa membawa charger. Atau, ada juga orang yang senantiasa mencolokkan gadget sepanjang waktu sehingga pengisian baterainya time out.

Pastikan selalu baterai gadget Anda terisi penuh sebelum berangkat kerja. Atau, jika perlu bawalah power bank ke manapun pergi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement