Rabu 04 Feb 2015 09:16 WIB

6 Cara Menghemat Menit-Menit Penting dalam Sehari (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Damanhuri Zuhri
Facebook
Facebook

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Kebanyakan orang tidak bisa menggunakan waktunya dengan baik. Mereka sering terlupakan oleh hal-hal kecil yang menyita waktu yang awalnya hanya beberapa menit namun sangat disayangkan, seperti media sosial, email, rumah yang berantakan, dan sebagainya.

Nah, berikut ini ada trik yang bisa dilakukan untuk menghemat menit-menit penting dalam hidup Anda, dilansir dari Body and Soul, Rabu (4/2). Pertama, Facebook-an cepat. Media sosial bisa sangat menyita waktu Anda.

Bayangkan, jika Facebook Anda diposting oleh undangan games yang banyak, Anda harus menolak berapa banyak akun. Namun, Anda tak perlu unfriend mereka, hanya pilihlah opsi yang menghalangi mereka memborbardir laman newsfeed Anda.

Anda juga perlu membatasi sesi per hari untuk melihat akun-akun media sosial Anda. Misalnya, Anda baru membukanya jika memang sedang di angkot menuju kantor, atau sedang antre di bank atau kantor pos.

Kedua, decluttering rumah. Decluttering adalah kegiatan di mana Anda membereskan rumah dengan cara mengurangi barang-barang yang tidak diperlukan lagi. Sisihkan 10-20 menit waktu Anda di akhir pekan untuk melakukannya. Intinya, Anda bisa menggunakan waktu untuk kegiatan rutin nan bermanfaat.

Dalam proses ini, tanyakan pada diri Anda apakah Anda masih membutuhkan satu item ini atau tidak. Pilih mana barang yang patut disimpan lagi, dibuang, dan mana yang masih bisa didonasikan untuk amal sehingga lebih bermanfaat bagi orang lain.

Ketiga, bersihkan daftar email. Sebagai pekerja pastinya Anda mempunyai email yang setiap harinya dikirimi puluhan bahkan ratusan pesan. Anda bisa menghapus pesan-pesan yang tidak penting. Namun, kata kunci untuk meringankan pekerjaan ini adalah unsubsribe.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement