Selasa 03 Feb 2015 20:11 WIB

Jokowi Harus Segera Cari Tokoh Pengganti BG

Rep: C05/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
  Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Wapres Jusuf Kalla (kanan) di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/1).   (Antara/Widodo S. Jusuf)
Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Wapres Jusuf Kalla (kanan) di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/1). (Antara/Widodo S. Jusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Hingga saat ini Jokowi belum memutuskan apakah jadi melantik Budi Gunawan  (BG) menjadi Kapolri atau tidak. Menurut para akademisi, solusi yang terbaik bagi Jokowi adalah mencari tokoh alternatif yang bisa diterima PDIP maupun diterima publik

Agung Baskoro, Peneliti dari Pol Tracking Institute menyatakan saat ini posisi Jokowi berada ditengah dari dua kelompok yang berkepentingan pada pencalonan BG. Kelompok yang pertama, kata dia, adalah PDI Perjuangan yang ngotot Budi Gunawan tetap jadi Kapolri.

Sedangkan kelompok yang kedua yakni publik ingin agar BG tak dilantik menjadi Kapolri. “Diantara dua pilihan itu semuanya memiliki resiko politik besar bagi Jokowi,” kata dia, Selasa (3/2).

Dia menyebutkan jika Jokowi membatalkan pelantikan BG, PDIP selaku partai pengusung Jokowi akan terusik dengan langkah ini. Hal ini, kata dia, bisa mengakibatkan posisi Jokowi di parlemen menjadi tidak aman. “ Bisa bisa KIH menjadi penghambat Jokowi di parlemen,” ujarnya.

Begitu juga sebaliknya semisal Jokowi tetap melantik BG menjadi Kapolri, hal ini akan membuat publik menjadi kecewa. hal ini, kata dia, bisa berefek pada elektabilitas Jokowi di mata masyarakat. “ Soalnya dulu kan Jokowi bilang akan komitmen pada pemberantasan korupsi sewaktu kampanye,” kata dia.

Penundaan pelantikan BG menjadi Kapolri berawal dari penetapan tersangka pada dirinya yang dilakukan oleh KPK. BG diduga terlibat dalam kasus rekening gendut menurut penyelidikan oleh KPK.

Yang membuat dilematis adalah BG sudah lulus fit and proper test yang dilakukan oleh DPR RI. Sehingga berdasarkan konstitusi, presiden harus segera melantik BG menjadi Kapolri. Meski seperti itu di arus bawah masayarakat menyurakan agar BG tidak dilantikm menjadi Kapolri. Hal inilah yang membuat Jokowi dilematis dan belum kunjung melantik BG hingga saat ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement