Selasa 03 Feb 2015 10:03 WIB

Indonesia-Rusia Sepakat Tingkatkan Kerja Sama

Presiden Joko Widodo.
Foto: Antara
Presiden Joko Widodo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia dan Rusia sepakat meningkatkan kerja sama di berbagai bidang. Demikian isi surat elektronik dari Kementerian Luar Negeri di Jakarta, Selasa (3/2), memperingati 65 tahun hubungan diplomatik kedua negara pada 3 Februari 2015.

"Peringatan ini kiranya dapat menjadi momentum dalam upaya bersama untuk semakin memperkuat dan memperdalam kerja sama bilateral kedua negara yang telah terjalin dengan baik selama ini," kata Presiden Joko Widodo dalam pesan ucapan selamatnya kepada Presiden Rusia Vladimir Putin.

Presiden Indonesia Joko Widodo dan Presiden Rusia Vladimir Putin saling bertukar ucapan selamat dalam memperingati 65 tahun hubungan diplomatik kedua negara dan sepakat untuk lebih meningkatkan hubungan dan kerja sama.

Menurut Presiden Jokowi, hubungan Indonesia-Rusia tumbuh semakin kuat dengan berlandaskan pada semangat persahabatan, kesetaraan, saling menghormati, dan saling pengertian.

"Menyadari besarnya potensi kerja sama yang masih dapat dikembangkan lebih jauh, kita dapat lebih meningkatkan dan membawa hubungan tersebut ke tataran yang lebih tinggi lagi, tidak hanya secara bilateral tetapi juga di berbagai forum regional dan global," katanya.

Sementara itu, Presiden Putin dalam pesan ucapan selamatnya menyampaikan bahwa berlandaskan pada tradisi yang baik, hubungan Indonesia-Rusia secara aktif terus berkembang yang mencakup bidang-bidang baru yang ditegaskan oleh pertemuan Presiden Rusia dan Presiden Indonesia di sela-sela KTT APEC di Beijing beberapa waktu lalu.

"Saya ingin menggarisbawahi kesiapan melanjutkan kerja sama yang konstruktif untuk lebih meningkatkan hubungan bilateral. Ini menjawab kepentingan-kepentingan pokok bangsa Rusia dan Indonesia untuk menjamin kestabilan dan keamanan di kawasan Asia Pasifik," kata Presiden Putin.

Pertukaran ucapan selamat disampaikan juga oleh Menteri Luar Negeri kedua negara. Menlu Indonesia Retno LP Marsudi dan Menlu Rusia Sergey Lavrov mengharapkan hubungan kedua negara dapat lebih erat lagi di masa mendatang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement