Ahad 01 Feb 2015 16:24 WIB

Jabar Siap Gelar Pilkada Serentak 2015

Rep: Riga Iman/ Red: Ilham
Gubernur Jabar Aher di Stadion Jakabaring.
Foto: Twitter
Gubernur Jabar Aher di Stadion Jakabaring.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan atau Aher mengatakan wilayahnya siap menggelar pilkada serentak pada 2015. Tahun ini, ada sebanyak lima kabupaten di Jabar yang akan menggelar pilkada.

‘’Pilkada serentak pada 2015 tentu siap,’’ kata Aher kepada wartawan seusai melakukan peletakan batu pertama pembangunan kantor DPD PKS Kota Sukabumi, Ahad (1/2). Lima daerah yang menggelar pilkada serentak itu yakni Kabupaten Sukabumi, Indramayu, Karawang, Bandung, dan Pangandaran.

Menurut Aher, jika pelaksanaan Pilkada serentak dimundurkan pada 2016, maka harus ada kebijakan perpanjangan masa jabatan bupati di lima daerah tersebut. Ia mengatakan, keputusan perpanjangan masa jabatan kepala daerah ini lebih baik dibandingkan dengan mengangkat pelaksana tugas (Plt) Bupati atau Wali Kota.

Hal ini, kata Aher, dilakukan untuk mencegah adanya masalah psikologis dalam kepemimpinan di daerah. Sehingga jika ada perpanjangan masa jabatan, maka kepala daerah hanya tinggal melanjutkan kepemimpinanya hingga Pilkada digelar.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi mengaku siap melaksanakan pemilihan bupati dan wakil bupati secara langsung dan serentak pada akhir 2015 mendatang. Untuk melaksanakan hajatan demokrasi tersebut KPU mengusulkan alokasi anggaran Rp 64 miliar.

‘’KPU siap menggelar pemilukada pada akhir 2015,’’ ujar Ketua KPU Kabupaten Sukabumi, Dede Heryadi. Salah satunya dengan mengajukan alokasi dana kepada pemerintah daerah. Alokasi anggaran yang diusulkan antara lain untuk pemilukada putaran pertama dan putaran kedua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement