Sabtu 31 Jan 2015 20:19 WIB

Muhammadiyah Ingin Tumbuh di Indonesia Timur

Rep: C67/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Muhammadiyah
Muhammadiyah

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA—Sekretaris Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, Agung Danarto mengatakan, Muhammadiyah ingin tumbuh di Indonesia bagian timur. Dengan alasan itu, muktamar Muhammadiyah pertama di abad kedua ini dilaksanakan di Makassar, Sulawesi Selatan.

Menurut Agung, Muhammadiyah tidak hanya ingin memajukan secara organisasi di wilayah timur Indonesia. “tapi ingin secara lebih luas yaitu memajukan Indonesia di bagian timur”ujar Agung, saat launching produk muktamar di Gedung PP Muhammadiyah, Yogyakarta, Sabtu (31/1).

Dalam muktamar yang akan dilaksanakan pada 3-8 Agustus mendatang beberapa persoalan internal Muhammadiyah akan dievaluasi. Terutama terhadap bidang yang menjadi ciri khas dari Muhammadiyah selama ini yaitu kesehatan dan pendidikan.

Kemudian, untuk bidang lainnya, kata Agung, juga akan dilakukan evaluasi seperti dibidang ekonomi. Ia mengakui dalam beberapa tahun terakhir bidang ini kurang berkembang. Basis ekonomi yang dimiliki Muhammadiyah sedang mengalami pasang surut.

Karena itu, lanjut Agung, evaluasi ini juga akan menilai apakah Muhammadiyah akan fokus terhadap menumbuhkan jiwa bisnis kepada masyarakat. Atau mengambil peran di bidang bisnis secara institusi.

Di bidang media juga tidak luput dari perhatian untuk evaluasi pada muktamar nanti. Agung menuturkan, melalui perguruan tinggi yang dimiliki saat ini, diharapkan bisa menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk peningkatan media di Muhammadiyah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement