Ahad 25 Jan 2015 09:11 WIB

Sinabung Masih Aktif Keluarkan Lahar

Rep: Ahmad Rozali/ Red: Didi Purwadi
Gunung Sinabung
Foto: antara
Gunung Sinabung

REPUBLIKA.CO.ID, KARO -- Gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatra Utara, masih aktif mengeluarkan lahar. Menurut warga, gunung Sinabung tampak mengeluarkan lava pijar dari puncak gunung pada Ahad (25/1) dini hari.

"Tadi malam pukul 01.00 WIB keluar lagi nak (lava pijar), sampe ke bawah," ujar Samisara Berustepu kepada Republika Online di Karo, Sumatra Utara, Ahad (25/1).

Samisara mengatakan, malam tadi, beberapa pemuda desa yang bertugas berjaga di malam hari datang memantau. Namun, setelah para petugas malam pergi, gunung Sinabung justru aktif. "Gunug ini pemalu, tidak mau dia dilihat-lihat," katanya.

Samisara tinggal di desa Tiga Pancur, Simpang Empat, Kabupaten Karo. Jarak dari tempat dia tinggal hanya enam kilometer lebih dari puncak gunung Sinabung.

Dia mengaku masih kerap menyaksikan aktivitas gunung Sinabung. "Masih sering dia (gunung Sinabung berkativitas)," ujarnya

Dari pantauan Republika Online, sejak terlihat di pagi hari, gunung Sinabung masih aktif mengeluarkan asap putih. Asap putih yang dikeluarkan gunung Sinabung mengarah ke arah Selatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement