Selasa 20 Jan 2015 20:05 WIB

Harga Cabai Merah di Padang Turun

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Yudha Manggala P Putra
Pasokan Cabai
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Pasokan Cabai

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Satu hari pascapemberlakuan penurunan harga BBM, harga cabai merah di Pasar Raya Padang berada di angka Rp 32 ribu dari hari sebelumnya sebesar Rp 39 ribu.

Seorang pedagang cabai di Pasar Raya, Padang, Muhammad Noli (34 tahun) mengatakan, penurunan harga tersebut bukan imbas dari penurunan harga BBM. "Ini karena pasokan dari Medan dan Jawa sudah masuk," katanya, Selasa (20/1).

Sementara itu, pada hari yang sama, Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Muslim Kasim, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumbar, Puji Atmoko dan Sekertaris Daerah Padang, Nasir Ahmad melakukan pantauan langsung harga-harga bahan pokok di Pasar Raya, Padang. "Penurunan harga BBM memberikan sedikit perubahan," kata Muslim.

Saat ini, kisaran harga per kilo untuk beras lokal yaitu Rp 13 ribu, gula pasir Rp 10.500, minyak goreng Rp 10.500, daging sapi Rp 100 ribu, daging ayam Rp 32 ribu, telur ayam ras Rp 19 ribu dan bawang merah Rp 16 ribu.

Muslim menjelaskan, penurunan harga bahan-bahan pokok didukung pula dengan penurunan tarif angkutan kota yang telah disetujui oleh Organda Sumbar. "Dikalkulasi rata-rata (penurunan tarif) Rp 500, ini berpengaruh selalu terhadap pasar," ujarnya.

Ia menambahkan, penurunan harga bahan pokok dan tarif angkutan umum juga didukung oleh kalkulasi harga minyak yang rencananya akan dikalkulasi setiap dua minggu sekali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement