Selasa 20 Jan 2015 14:20 WIB

Petuah dan Nasihat Bob Sadino Sempat Jadi Puncak Trending Topic

Bob Sadino
Foto: ANTARA/Audy Alwi
Bob Sadino

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Pengusaha Bob Sadino telah meninggal dunia pada Senin (19/1) lalu. Jejaring media sosial seperti Twitter pun dipenuhi dengan kata-kata positif termasuk lewat kata 'terima kasih' dari netizen.

Ucapan terima kasih ini disampaikan karena netizen merasa ikut mendapatkan warisan yang sangat berharga dari Bob Sadino yaitu nilai-nilai kehidupan. Nilai yang dimaksud adalah petuah dan nasihat yang memenuhi puncak trending topic Indonesia.Peneliti Awesometric, Yustina Tantri, meneliti sejak Senin (19/1) pukul 07.00 WIB hingga Selasa (20/1) pukul 10.00 WIB, jumlah mention "Bob Sadino" di dunia maya (online. media sosial, forum) sudah tembus 82.483. Sebanyak 98 persen mention berasal dari Twitter.

Bob Sadino memang merupakan salah satu provokator terbaik agar orang tertarik wirausaha atau menjadi pengusaha, atau tidak mengandalkan hidupnya pada gaji. Bob sering sekali memakai kata “goblok” dalam petuahnya, untuk mengingatkan bahwa kepintaran bukan jaminan untuk sukses.Baginya, orang goblok atau sebutan untuk mereka yang tidak pintar secara akademis atau tidak berkesempatan mengecap bangku perguruan tinggi, bisa juga punya kesempatan untuk sukses dan kaya jika bekerja keras.

Dari sekian banyak kata yang diasosiasikan untuk Bob Sadino, kata "wirasaha" adalah mention terbesar sebanyak 33 persen. Lalu, sesuai dengan pribadi Bob Sadino yang tak ingin terlihat pintar, kata “goblok” dan “celana pendek”, yang identik dengan Bob Sadino, masing-masing memenuhi cloud 15 persen dari semua kata terkait sosok pengusaha kaya ini.

Sedangkan, kata “pintar” atau “pinter” hanya 5 persen yang diingat terkait Bob Sadino, dan hanya 1 persen kata “bejo” atau “beruntung”. Pesan-pesan Bob Sadino ini lebih banyak diartikan sebagai motivasi, inspirasi daripada petuah dan nasihat.

Selain itu, netizen juga lebih suka menyinggung proses, kerja keras, usaha daripada kesuksesan atau sukses yang dicapai Bob, termasuk usaha legendarisnya, Kem Chicks.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement