Rabu 14 Jan 2015 09:33 WIB

Hari ke-18, Cuaca di Lokasi Pencarian Air Asia QZ8501 Kondusif

Rep: C85/ Red: Winda Destiana Putri
Air Asia
Foto: AP/Joshua Paul
Air Asia

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALAN BUN -- Pencarian penumpang dan badan pesawat Air Asia QZ8501 memasuki hari ke-18.

Meski kotak hitam dan ekor pesawat telah ditemukan, pencarian terus dilakukan. Kondisi cuaca di lokasi pencarian hari ini cukup kondusif.

"Di lokasi pencarian khususnya wilayah 'most probable area' kondisi cuaca masih kondusif. Menjelang siang cuaca juga masih memungkinkan untuk proses evakuasi," jelas Kepala Stasiun BMKG Pangkalan Udara Iskandar Lukman Soleh di Pangkalan Bun, Rabu (14/1).

Pangkalan Bun hari ini cukup berawan, namun hujan turun di beberapa wilayah, seperti selatan dan timur. Demikian juga dengan beberapa lokasi pencarian, meski cukup kondusif potensi turunnya hujan cukup tinggi.

Tim evakuasi gabungan disarankan berhati-hati saat melakukan pencarian di beberapa titik. Belum lagi gelombang laut di wilayah fokus pencarian cukup tinggi, sekitar 1,25 hingga 2 meter.

"Dan relatif lebih tinggi pada pagi hari tinggi gelombang maksimal mencapai 2.5 meter," ujar Lukman.

Demikian juga dengan kecepatan arus yang menyentuh angka 10 hingga 25 cm per second. Kecepatan angin permukaan dilaporkan 7-15 knot.

"Beberapa area yang terdapat awan cumulonimbus khususnya sektor timur dan bagian selatan memungkinkan terjadi angin kencang dan meningkatkan tinggi gelombang," lanjutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement