Selasa 13 Jan 2015 15:38 WIB

Komisi XI DPR RI: Ini Langkah Berani KPK

Rep: agus raharjo/ Red: Damanhuri Zuhri
Fadel Muhammad
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Fadel Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komisi XI DPR RI, Fadel Muhammad menyatakan apresiasinya pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang telah mengumumkan calon Kapolri yang diajukan Presiden Joko Widodo sebagai tersangka.

Budi Gunawan, ditetapkan sebagai tersangka tindak pidana korupsi saat menjabat sebagai kepala biro pembinaan karir Polri.

"Ini menjadi langkah berani dan luar biasa dari KPK," kata Fadel Muhammad pada wartawan di kompleks senayan, Selasa (13/1).

Fadel menyarankan agar pihak terkait segera mengumumkan ke publik agar masyarakat tidak bertanya-tanya soal posisi pencalonan Budi Gunawan sebagai Kapolri yang diajukan Jokowi.

Menurutnya, Jokowi pasti sudah memertimbangkan segala aspek soal pengajuan Budi Gunawan sebagai tersangka. "Presiden pasti akan menarik usulannya," imbuh Wakil Ketua Umum partai Golkar ini.

Padahal, belum ada satu jam Ketua umum Golkar menyatakan dukungannya pada Budi Gunawan sebagai Kapolri baru.

Atas tersangkanya Budi Gunawan, kata Fadel, dipastikan Golkar akan mengubah sikap dukungannya. "Pasti akan ada perubahan sikap," tegas dia

Sebelumnya KPK telah mengumumkan status tersangka Budi Gunawan dalam dugaan tindak pidana korupsi saat menjabat sebagai kepala biro pembinaan karir.

Budi Gunawan sendiri menjadi satu-satunya calon Kapolri yang diajukan Presiden ke DPR RI. Namun, DPR belum melakukan uji kelayakan pada sosol calon Kapolri baru itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement