Senin 12 Jan 2015 18:04 WIB

Polisi Selidiki Faktor Kelalaian dalam Peristiwa Kebun Raya Bogor

Rep: c 09/ Red: Indah Wulandari
  Warga bewisata ke Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Jumat (1/8).  (Republika/ Yasin Habibi)
Warga bewisata ke Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Jumat (1/8). (Republika/ Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR–Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bogor masih menyelidiki peristiwa pohon tumbang di Kebun Raya Bogor pada Ahad (11/1) lalu yang menyebabkan lima pengunjung tewas dan 21 pengunjung lainnya luka-luka.

“Kepolisian akan memeriksa pengelola dan petugas yang bertanggung jawab atas kondisi pohon-pohon yang sudah berumur tua,” kata Kapolresta Bogor AKBP Irsan, Senin (12/1).

Ia mengatakan, kepolisian akan melakukan penyelidikan mengenai kemungkinan adanya faktor kelalaian dari pihak pengelola dengan memanggil pihak Kebun Raya terkait insiden tersebut.

Pihaknya juga mendesak agar Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebagai pengelola Kebun Raya dapat secara berkala meninjau kondisi pohon-pohon yang ada. Pohon yang diketahui tidak dalam kondisi yang baik atau rapuh, dapat segera ditebang agar tidak membahayakan pengunjung.

“Setelah ada data pohon yang rawan tumbang selanjutnya pengunjung dapat diberikan peringatan,“ jelasnya.

Sementara Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor Didik Widyatmoko mengatakan, pihaknya selalu memeriksa kondisi pohon-pohon koleksi secara rutin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement