Sabtu 10 Jan 2015 21:14 WIB

'Kekerasan Terhadap Anak Banyak Terjadi di Rumah Sendiri'

Kekerasan anak
Foto: myhealing.wordpress.com
Kekerasan anak

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Kapolsek Bogor Selatan Kompol Arif Gunawan mengatakan, kekerasan terhadap anak sebagian besar terjadi di rumah anak itu sendiri. Sedangkan di sekolah maupun lingkungan dan organisasi tempat anak berinteraksi jumlahnya lebih kecil.

Menurutnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kekerasan terhadap anak yakni kondisi orang tua, kondisi anak serta kondisi sosial.

"Setiap orang tua berperan dalam mencegah terjadinya kekerasan terhadap anak, dengan melindungi anak kita maupun melaporkan apabila ada kasus yang menimpa tetangga maupun orang lain," katanya dalam Dialog Interaktif Qurrata'aini parenting club (QAPC) Bogor bertemakan 'Stop Kekerasan Terhadap Anak' di Bogor, Sabtu (10/1).

Ia menyatakan, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah kekerasan terhadap anak. Yakni memasang kamera pengintai, melakukan pengecekan via telepon setiap kali, melakukan sidak. "Mengamati melalui sikap dan cara bicara anak, hubungan harmonis dalam keluarga yang harus terus terjaga serta memberikan pengetahuan pendidikan seks sejak usia dini," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement