Rabu 07 Jan 2015 18:34 WIB

Kapolri: Indonesia Aman, AS dan Australia tak Perlu Khawatir

Kapolri Jenderal (Pol) Sutarman
Foto: Republika/Prayogi
Kapolri Jenderal (Pol) Sutarman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapolri Jenderal Polisi Sutarman menjamin kondisi keamanan Indonesia kondusif. Ia pun mengatakan warga negara asing, khususnya Amerika Serikat dan Austrlia tidak perlu khawatir untuk berkunjung ke Indonesia.

"Saya sudah memberi jaminan bahwa kondisi keamanan di Surabaya, Jawa Timur, aman. Indonesia aman, sehingga siapapun yang datang tidak perlu khawatir," ujarnya di Jakarta, Rabu (7/1).

Terkait peringatan Menlu Australia agar warganya waspada jika bepergian ke Indonesia, karena adanya informasi bahwa teroris mungkin merencanakan serangan ke Indonesia, Sutarman menegaskan pihaknya telah melakukan pengecekan kondisi keamanan sejumlah obyek vital. Termasuk aset milik Amerika Serikat di kota Surabaya.

Menurutnya, sejauh ini tidak ada tanda-tanda potensi gangguan keamanan di Surabaya. "Pengamanan rutin saja kita lakukan di area konsulat dan di kedutaan. Pengamanan rutin saja, semua aman terkendali," katanya.

 

Meski tidak mengetahui secara pasti kapan AS dan Australia akan mencabut travel warning, namun Sutarman memastikan hingga saat ini kondisi keamanan di Indonesia terjamin. Ia pun menilai status itu tidak perlu diteruskan lebih lama.

Seperti diketahui, pemerintah Amerika Serikat dan Australia mengeluarkan travel warning bagi warganya yang ingin berkunjung ke Indonesia. Kedua negara itu khawatir akan adanya serangan teroris yang menyasar warga negara AS dan Australia

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement