Rabu 07 Jan 2015 11:56 WIB

Evakuasi Air Asia QZ8501, Pilot Membutuhkan Konsentrasi Tinggi

Tim pencari pesawat Air Asia QZ8501 di Pangkalan Bun, Senin (5/1).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Tim pencari pesawat Air Asia QZ8501 di Pangkalan Bun, Senin (5/1).

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALAN BUN -- Pilot helikopter Super Puma TNI AU Kapten Penerbang Indra Lessy menyatakan cuaca sering berubah-ubah sehingga pencarian maupun pengevakuasian korban pesawat Air Asia QZ8501 membutuhkan konsentrasi serta kewaspadaan yang tinggi.

Pagi hari kondisi cuaca cerah namun begitu terbang dan melakukan pencarian tiba-tiba gelap dan hujan, katanya usai mengangkut personsel Rusia dari kapal RSS Persistence 1700G ke Lanud Iskandar Pangkalan Bun, Rabu (7/1).

"Saya sudah sejak hari pertama melakukan pencarian, dan kondisi cuaca terparah itu saat hari keempat. Angin kencang, gelap dan turun hujan. Area pencarian saya di sektor empat sempat hilang kontak," tambah dia.

Meski telah melakukan pencarian selama 10 hari, namun dirinya belum sekalipun melihat atau menemukan jenazah penumpang maupun puing-puing pesawat tersebut.

Selain mencari, pria yang telah tujuh tahun menjadi pilot TNI AU ini juga bertugas mengirim personel Badan SAR nasional (Basarnas) maupun hal-hal yang dibutuhkan kapal Indonesia serta negara sahabat.

"Seperti sekarang ini, kami mengantarkan kebutuhan kapal Singapura sekaligus menjemput personel Rusia. Setelah ini kami juga akan menjemput satu jenazah dari tugboat swasta," kata ayah dua anak ini.

Pilot militer ini menyadari dan memahami betul keinginan dari keluarga penumpang agar seluruh jenazah pesawat Air Asia beserta kotak hitam segera ditemukan, namun dirinya mengharapkan semua pihak bersabar.

Kapten Lessy mengatakan seluruh anggota Tim SAR baik dari Indonesia maupun negara-negara sahabat bekerja keras secara optimal, hanya kondisi cuaca hingga saat ini belum berhasil sepenuhnya.

"Seperti yang diketahui bersama, penyelam TNI AL sudah berupaya menyelam tapi kondisi gelombang relatif tinggi dan di dalam laut gelap. Semua sudah berupaya keras," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement