Ahad 04 Jan 2015 12:43 WIB

Area Pencarian Air Asia QZ 8501 Diperluas ke Timur

Rep: C01/ Red: Erdy Nasrul
Air Asia
Air Asia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Badan SAR Nasional kembali memperluas area pencarian. Area pencarian saat ini terbagi dalam lima sektor.

"Area pencarian diperluas ke arah timur," terang Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI FH Bambang Soelistyo melalui konferensi pers yang diselenggarakan di kantor Basarnas, Ahad (4/1).

Luas area pencarian saat ini seluas HYPERLINK "tel:20700"20.700 nautical mile (nm) persegi. Perluasan ke arah timur ini ditentukan dengan mempertimbangkan arah ombak dengan menggunakan aplikasi khusus. Perluasan area ini didukung dengan penambahan enam unit unsur udara dan dua unit unsur laut.

Saat ini, total Search and Rescue Unit (SRU) Udara ada sebanyak 20 unit. 10 unit di antaranya merupakan helikopter dalam negeri. Selain itu ada empat helikopter luar negeri, dua helikopter Singapura dan dua helikopter Amerika. Selain helikopter, SRU Udara juga terdiri dari enam Fix Wing. Empat di antaranya merupakan Fix Wing dalam negeri dan dua sisanya merupakan Fix Wing luar negeri asal Korea Selatan dan Rusia.

Total SRU Laut ada sebanyak 28 unit. Sebanyak 17 unit SRU Laut merupakan dari dalam negeri. Empat armada laut lainnya berasal dari Singapura dan tiga armada laut dari Malaysia. Selain itu, dua kapal didatangkan dari Malaysia dan dua lainnya dari Jepang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement