Kamis 01 Jan 2015 21:00 WIB

Tim SAR Baron Selamatkan Korban Terseret Ombak

Ombak (ilustrasi)
Foto: antara
Ombak (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BUNUNG KIDUL -- Tim Search and Rescue Baron, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, berhasil menyelamatkan Ayu Dahlia (19), warga Kecamatan Semin, yang terseret ombak saat berenang di Pantai Baron.

Koordinator SAR Pantai Baron Marjono di Gunung Kidul, Kamis (1/1), mengungkapkan korban datang bersama delapan orang temannya untuk berlibur tahun baru sekitar 06.00 WIB.

"Korban langsung bermain air di sekitar sungai bawah tanah yang bermuara di Pantai Baron," kata Marjono.

Ia mengatakan saat asyik bermain air dan berjalan agak ketengah, korban tidak mengetahui jika arus bawah pantai sangat kencang.

"Kemungkinan karena kurang siap korban langsung terseret air," kata dia.

Marjono mengatakan melihat rekannya terseret arus, teman-temannya berteriak meminta tolong. Petugas SAR yang bertugas di posko SAR langsung melakukan pertolongan. Beruntung tubuh Ayu berhasil diraih petugas SAR meski sudah sempat minum air cukup banyak.

"Korban yang kondisinya lemas langsung dibawa petugas SAR ke posko dan langsung dilarikan ke RSUD Wonosari," kata Marjono.

Ia mengatakan arus sungai Pantai Baron memang cukup kuat. Pihaknya sudah mengimbau kepada wisatawan untuk tidak bermain air. Namun biasanya, pengunjung tetap nekad berenang.

"Beruntung petugas siap, sehingga korban berhasil ditolong. Kami mengimbau agar wisatawan tidak berenang di pantai atupun aliran sungai agar kejadian serupa tidak terjadi," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement