Rabu 31 Dec 2014 21:40 WIB

Jokowi: Bangun Segera Pasar Klewer

Rep: Edy Setyoko/ Red: Agung Sasongko
Pasar Klewer terbakar.
Foto: Twitter
Pasar Klewer terbakar.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akhirnya juga mengunjungi lokasi bekas Pasar Klewer, Solo, Jateng, yang terbakar. Kepala Negara tiba di lokasi bencana, Rabu (31/12) petang.

Selama meninjau lokasi bencana kebakaran, Jokowi memerintahkan agar Pasar Klewer segera dibangun kembali. ''Segera dibangun. Tetapi begini, tidak mungkin anggaran dari pusat semuanya. Sudah saya sampaikan ke Pak Wagub, Pak Walikota agar diangkat gotong royong bersama-sama. Sehingga cepat bisa selesai,'' katanya.

Ditanya ihwal porsi pembagian anggaran, mantan Walikota Solo dan Gubernur DKI Jakarta ini, menyatakan, masih melihat secara keseluruhan anggaran tersedia. Total anggaran yang dibutuhkan belum diketahui secara detail.

''Kan baru denger dua hari kemarin. Nanti kita lihat, anggaran di kota berapa, di provinsi berapa, di kita berapa. Dan, yang jelas ingin segera kita kerjakan, karena ini ekonomi masyarakat pedagang kecil. Tidak menyangkut hanya Solo, tetapi pedagangnya dari Cirebon, Pekolangan, Jepara. Semua kabupaten ada di sini''.

Jokowi didampingi istrinya, Iriana, tiba di Pasar Klewer sekira pukul 17.55 WIB. Begitu tiba di lokasi kebakaran, kepala negara didampingi Wakil Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko, dan Walikota Solo Hadi Rudyatmo, langsung disambut riuh warga sudah menunggu. Namun, Jokowi langsung meninjau bangunan kios terbakar.

Setelah meninjau kurang lebih 20 menit, Jokowi mengenakan kemeja putih lengan digulung, kembali masuk ke dalam mobil. Baru beberapa meter maju, Jokowi keluar dari mobilnya untuk menyalami warga. Warga melambaikan tangan tanda perpisahan ditinggal Jokowi dari lokasi Pasar Klewer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement