Selasa 30 Dec 2014 17:24 WIB

‘Zulkifli Hasan Bukan Kader Karbitan’

Rep: Agus Raharjo/ Red: Indah Wulandari
Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Ketua MPR Zulkifli Hasan.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Ketua MPR Zulkifli Hasan.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA—Bursa bakal calon ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) kian memanas. Status besan pendiri PAN Amien Rais, yang disandang oleh Zulkifli Hasan dinilai memuluskan Ketua MPR RI sebagai orang nomor satu partai berlambang matahari tersebut.

"Jadi Bang Zul bukan kader karbitan atau faktor besan, tapi karena rekam jejaknya di PAN selama ini yang sudah lama dan teruji," kata Ketua Umum Barisan Muda Penegak Amanat Nasional (BM PAN) Yandri Susanto, Selasa (30/12).

Anggota DPR RI ini menambahkan, pihaknya yakin publik tidak akan mempersoalkan kalau Zulkifli menjadi ketua umum PAN. Pasalnya, jauh sebelum menjadi besan Amien Rais, Zulkifli sudah berkiprah lama di PAN sebagai ketua departemen, sekretaris fraksi.

Di sisi lain, Yandri mengakui sudah ada sinyal dari Amien Rais untuk memuluskan Zulkifli Hasan menjadi ketua umum PAN selanjutnya.

"Tapi sekali lagi, Bang Zul menjadi caketum PAN karena memang sudah memenuhi kriteria sebagai pimpinan partai," tegas dia.

Kalaupun masih ada pihak yang menganggap Zulkifli Hasan menunjukkan politik dinasti Amien Rais, PAN siap menjelaskan rekam jejak dari mantan Menteri Kehutanan era Kabinet Jilid II tersebut.

"Akan beda kalau Pak Amien mendorong saudara atau besan yang lain yang tidak punya kemampuan, pasti publik akan mempertanyakan itu," imbuh Yandri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement