Selasa 30 Dec 2014 08:49 WIB
Pasar Klewer terbakar

Kemendag Kucurkan Dana Renovasi Pasar Klewer

Rep: Edy Setyoko/ Red: Indira Rezkisari
Pasar Klewer
Pasar Klewer

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO - Perhatian pemerintah terhadap bencana kebakaran Pasar Klewer mulai tampak. Sebelumnya ada kunjungan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Dirjen Kemendag), Kemendag, Srie Agustine, ke lokasi bencana.

 

Kementerian Perdaganagan Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, kata Srie Agustine, segera mengucurkan dana bantuan untuk renovasi Pasar Klewer Solo pascakebakaran yang terjadi Sabtu (27/12) malam lalu.

Srie Agustine namun tak merinci detail besaran dana yang bakal dikucurkan ke Solo. Yang jelas, kata dia, dana itu sudah menjadi program revitalisasi pasar yang disebabkan kebakaran.

Menurut Srie Agustine, ada dua hal mendesak dilakukan. Yakni, pendirian pasar darurat dan renovasi Pasar Klewer pascaterbakar. Namun, hal itu sudah tentu harus disesuaikan dengan kondisi APBN.

Kemendag, kata dia lagi, yang akan mengucurkan dana renovasi. Tetapi, pemerintah Kota Solo yang bertanggung jawab atas pembangunan pasar darurat yang bisa diambilkan dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Berdasarkan hasil pemaparan pemerintah Kota Solo, menurut Srie Agustine, dana dibutuhkan untuk pembangunan pasar darurat mencapai Rp 28 miliar. Angka itu sebetulnya terlalu tinggi. Soalnya, jika dibanding kasus serupa, seperti halnya pasar di Kabupaten Wonosobo, tidaklah sebesar itu.

''Karena itulah, kami minta pemerintah Kota Solo untuk mengkaji kembali,'' pinta Srie Agustin. Dia mengingatkan kembali, pentingnya pembangunan pasar darurat, dan pembangunan kembali Pasar Klewer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement