Senin 29 Dec 2014 13:57 WIB

Cina Tawarkan Bantuan Cari Air Asia

Pesawat AirAsia jenis Airbus A320-200.
Foto: Reuters
Pesawat AirAsia jenis Airbus A320-200.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Cina menawarkan bantuan kepada Indonesia untuk mencari pesawat Air Asia yang hilang pada Ahad (28/12) pagi. Hal tersebut diungkapkan oleh pihak Kementerian Luar Negeri Cina di Beijing.

Dikatakan, Cina telah menyampaikan tawaran bantuan itu kepada Pemerintah Indonesia. Cina juga menawarkan bantuan bentuk lain, sesuai kebutuhan Indonesia untuk mendukung pencarian tersebut.

"Kami menawarkan bantuan berupa kapal dan pesawat dalam upaya pencarian dan penyelematan atas insiden Air Asia," kata pernyataan itu.

Pesawat Air Asia QZ 8501 dilaporkan hilang dalam perjalanan dari Surabaya ke Singapura pada Ahad (28/12). Hingga kini tawaran bantuan telah disampaikan pula oleh Amerika Serikat, Inggris, Australia, Prancis, Kanada, Korea Selatan dan India.

Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi mengatakan saat ini Indonesia telah melakukan koordinasi dengan negara-negara sahabat untuk membantu proses pencarian pesawat Air Asia QZ 8501.

Setidaknya sudah ada empat negara yang diizinkan untuk membantu melakukan proses pencarian, yakni Malaysia, Singapura, Australia dan Korea Selatan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement